Artikel Populer

MENGAPA HARUS KOLAM TERPAL UNTUK BUDIDAYA IKAN ?



Postingan kali  Penyuluh perikanan hanya sekedar untuk menindak lanjuti atas pertanyaan dari sahabat, yang isinya mengatakan seperti ini. "Apakah dalam Pemeliharaan ikan lele harus dengan Kolam terpal????

Untuk menjawab pertanyaan dari sahabat atas pertanyaannya, maka saya akan jelaskan mudah^an bisa membantu untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang berguna.

Sebenarnya untuk Usaha Budidaya Perikanan khusunya ikan lele ini tidak harus dengan menggunakan Terpal. 

Namun kenyataannya memang sudah banyak teknologi yang berkembang dalm usaha Perikanan darat ternyata menggunakn terpal. Usaha Pemeliharaan Ikan dengan Menggunakan Kolam terpal ini memang banyak berkembang. 

Sebenarnya kolam yang paling baik untuk budidaya ikan lele atau ikan yang lain adalah kolam dari tanah. Namun jika kita sendiri sebagai pelaku utama dan pelaku usaha diperikanan Budidaya ini tidak memiliki lahan yang cukup atau cocok maka alternatif lain  yang lebih simple dan mudah adalah dengan menggunakan kolam terpal. 

Mengapa harus kolam terpal????
Nah disini perlu dijelaskan sedikit tentang kolam terpal. Perlu kita tahu bahwa Kolam terpal adalah kolam yang dasarnya maupun sisi-sisi dindingnya dibuat dari terpal.  Saat ini memang sudah banyak masyarakat Indonesia yang memlihara ikan dengan menggunakan Kolam terpal.
 Mengapa demikian??? 
Karena kenyataannya Kolam terpal  dapat mengatasi resiko-resiko yang timbul dan terjadi daripada kolam tanah maupun kolam beton. Untuk Usaha Budidaya lele sangkuriang, Terpal yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam ini adalah jenis kolam terpal yang dibuat oleh pabrik dimana setiap sambungan terpal dipres sehingga tidak terjadi kebocoran. Kemudian untuk Ukuran terpal yang sudah disediakan oleh pabrik juga sangat bermacam-macam sesuai dengan besar kolam yang kita inginkan. Dan untuk jelasnya bahwa dalam usaha Pembuatan kolam terpal ini juga bisa dilakukan dipekarangan ataupun dihalaman rumah.
Usaha Budidaya Ikan lele banyak digemari oleh masyarakat, Apalagi pada umumnya dengan  menggunakan Kolam terpal.
Penggunaan Terpal dalam Usaha Budidaya karena kolam terpal banyak memiliki Keunggulan, jika dibandingkan dengan cara memlihara ikan yang bukan terpal.
Ada beberapa keunggulan dalam budidaya ikan ikan dengan sistim kolam terpal antar lain adalah:
  1. Ikan yg kita pelihara akan terhindar dari Musuh alami atau  dan  dari pemangsaan ikan liar
  2. Air dapat diatur sedimikian rupa, Baik Volumenya, dan sangat mudah disaat panen.
  3. Dapat dijadikan peluang usaha mikro dan makro
  4. Produksi ikan Lele yang dihasilkan lebih baik mutunya dan berkualitas, lele terlihat tampak bersih, dan tidak berbau dibandingkan pemeliharaan ikan lele diwadah lain.
  5. Dapat diterapkan di lahan terbatas
  6. Dapat diterapkan di lahan atau tanah yang porous (tanah yang menyerap air) atau berpasir
  7. Biaya investasi murah
  8. Dapat diterapkan di daerah sulit air
  9. Pembuatannya praktis
  10. Ikan lele yang dibudidayakan di kolam terpal tidak berbau lumpur
  11. Terjamin Kesehatannya dan jarang diserang penyakit
  12. Kelangsungan hidup (survival rate) ikan lele yang dipelihara di kolam terpal lebih tinggi, bisa mencapai 95%

  Demikian saja selamat mencoba, dan semoga Bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel