-->

Artikel Populer

TEKNIK PERAWATAN KAPAL PERIKANAN BERBAHAN FIBERGLASS



TEKNIK PERAWATAN KAPAL PERIKANAN BERBAHAN FIBERGLASS - Penyuluh perikanan -Selamat datang dan salam sejahtera untuk semua, Sahabat semua Kali ini anda telah berada pada Blog PenyuluhPerikanan

pada Postingan kali ini Penyuluh perikanan ingin berbagi dengan anda semua mengenai Materi Pembelajaram dalam Sistim Perawatan kapal perikanan dengan Bahan Fobergass.  

Secara theory fiberglass dalam bahasa ilmiahnya jarang ditemui, yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya saja, yang termasuk dalam hal ini juga carbon fiber, atau aramid, Jadi barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau CFRP. 

TEKNIK PERAWATAN KAPAL PERIKANAN BERBAHAN FIBERGLASS


Dan itu memang yang di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah kapal atau bisa juga untuk kendaraan, alat - alat rumah tangga seperti tangki air dan sebagainya. Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik) ratusan jenisnya, cuma yang biasa dipakai adalah Epoxy resin, biasanya orang menyebutnya resin saja. 

Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer biasanya dicampur apa yang disebut sebagai katalis/hardener (keduanya terjual terpisah). Hardener ini yang akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. 

Untuk memperkuatnya ditambahkan fiber (woven roving/mat) didalam adonan resin+hardener = jadilah apa yang bisanya disebut fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi. 

karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi kalo untuk cetakan membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping pleksible bahannya murah serta mudah didapat. 

Dewasa ini bahan fiberglass banyak digunakan untuk pembuatan kapal. Begitu banyaknya pemakaian fiberglass sebagai bahan pembuat kapal, terutama kapal-kapal ikan dengan ukuran kecil sampai dengan sedang, maka perlu adanya panduan untuk perawatan kapal fiberglass ini, walaupun lebih mudah perawatan dibanding kapal yang terbuat dari kayu, 

Dengan alasan inilah penulis mencoba Dalam kegiatan penyuluhan, Materi Penyuluhan seperti ini merupakan salah satu bagian yang terpenting  dalam penyelenggaraannya  agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan tujuan dapat tercapai. 

Masyarakat sebagai pelaku utama dan pelaku usaha akan semakin memahami dan bertambah dalam Bidang ketrampilannya, khususnya dalam  sistim perawatan kapal yg menggunakan bahan Fiberglass. 

Kami berharap materiini akan memberikan kontribusi yang positif terhadap pencapaian tujuan dari Penyelenggaraan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel