Artikel Populer

TEKNIK PERAWATAN MESIN PADA KAPAL PERIKANAN



Tehnik Perawatan Mesin Pada Kapal Perikanan - Dewasa ini sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian karena wilayah negara Indonesia dua pertiga dari wilayahnya merupakan lautan. 

Penggunaan motor diesel sebagai mesin penggerak kapal yang dioperasikan secara terus menerus oleh para Nelayan, akan menyebabkan motor diesel tersebut mengalami gangguan ataupun kerusakan yang dapat menyebabkan bekerjanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus akan dapat menyebabkan mesin penggerak mengalami kerusakan yang sangat berat.


Mesin penggerak kapal ada yang marine use dan ada juga yang mesin- mesin darat maupun eks truk/bus yang digunakan oleh para nelayan. Mesin eks truk/ bus dan mesin darat harganya relatif murah dibanding marine use dan spare-partnya banyak dijual. Mesin penggerak kapal ada yang dipasang permanen (inboard) dan dipasang sebagai motor tempel (outboard). 

Perawatan dan pemeliharaan mesin merupakan tindakan yang dilakukan dalam rangka mempertahankan atau mengembalikan kondisi mesin seperti sediakala atau paling tidak mendekati kondisi semula. 

Dan juga mesin dan peralatan memiliki umur pakai yang panjang dan menghindari kemacetan dan kerusakan. Sehingga kegiatan penangkapan ikan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan pada motor penggeraknya. 

Dan sesuai dengan harapan, langkah awal yang dapat di lakukan dalam merealisasikan upaya tersebut adalah dengan cara memberikan Informasi dan pengetahuan juga melalui pelatihan-pelatihan dan penyuluhan maupun berupa pemberian informasi serta modul materi penyuluhan pada operator operator mesin khususnya pelaku utama perikanan, agar mereka memiliki wawasan yang memadai dalam melakukan perawatan permesinan kapal penangkap ikan. 

Untuk itu pada postingan kali ini Penyuluh Perikanan juga mau berbagi informasi pengetahuan bagaimana caranya memelihara dan melakukan perawatan pada mesin kapal perikanan agar tetap bertahan dan terjamin awet dan tahan lama. Barangkali anda tertarik untuk lebih memahami dan mengetahui tentang materi ini, maka silahkan bisa di baca di blog ini PERIKANAN DAN KELAUTAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel