Artikel Populer

TEKNOLOGI BUDIDAYA SIDAT

Penyuluh Perikanan Pada postingan ini adalah merupakan cara terbaik dalam menyebarkan informasi baik bagi penyuluh perikanan, pelaku utama, dan pelaku usaha untuk mempelajari  secara terperinci mengenai Budidaya sidat.,Barangkalai anda semua ingin mengetahui silahkan di baca semoga memberi manfaat.

Petunjuk penggunaan buku materi ini disusun dengan maksud agar dicapai efektivitas pembelajaran substansi-substansi yang kiranya diperlukan baik bagi pembudidaya ikan maupun penyuluh. 

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diikuti :

1. Bagi pemula, sebaiknya buku ini dibaca mulai dari awal, dan dipelajari untukmendapaatkan pemahaman secara menyeluruh.

2. Bagi para pembudidaya dan penyuluh yang sudah terampil melaksakan usaha budidaya dan /memahami (sejumlah) substansi, dapat hanya dengan mempelajari yang diperlukan saja. Namun demikian disarankan agar juga mencermati substansi-substansi yang sudah dipahami dan frasa lain yang mungkin dirasakan kurang sesuai dengan pemahamannya, untuk dapat diluncurkan perbaikan/ modifikasi-modifikasi yang diperlukan.

3. Selanjutnya bagi para pemula, hendaknya :

  1. Mempelajari secara berurut mulai dari Pendahuluan, Pokok Materi 1, 2, dan seterusnya.
  2. Mengerjakan latihan-latihan pada setiap Pokok Materi.
  3. Membaca rangkuman setiap Pokok Materi.
  4. Mengerjakan soal-soal evaluasi pada setiap Pokok Materi, kemudian melihat sejauh mana hasil dari penyelesaian soal tersebut. Bila nilai yang dicapai belum memuaskan, maka dapat disarankan mengulangi mempelajari Pokok Materi atau substansi yang masih kurang dipahami.
4. Bagi para penyuluh kelautan dan perikanan, dapat membantu para pemula dalam mengaplikasikan di lapangan dan memperkaya dimana diperlukan.

5. Bagi para penyuluh dan praktisi, khususnya dalam aplikasi materi praktek, apabila setelah dicoba untuk dipraktekkan ternyata kurang memuaskan sebagaimana yang diharapkan, sudilah memberikan saran perbaikan atau memberikan alternatif yang lebih baik yang didasarkan pada pengalaman dan kenyataan yang boleh dikatakan sudah teruji, dan dialamatkan kepada penyusun.

Demikian semoga bermanfaat


Sumber:
Kementerian kelautan dan Perikanan
Badan Pengembangan sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Pusat Penyuluhan Perikanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel