Artikel Populer

5 JENIS IKAN BARONANG

IKAN BARONANG termasuk ke dalam jenis ikan yang di senangi oleh para pemancing. habitat nya yang di karang karang menjadikan ikan baronang salah satu jenis ikan demersal. Ikan Baronang Sangat kuat di saat di tarik oleh para pemancing sehingga Tarikan Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Penyebaran dan ruaya ikan Baronang cukup luas dan ada hampir di seluruh wilayah perairan laut Indonesia. Ikan ini termasuk jenis ikan yang populer bagi kalangan pemancing dan sering di jadikan menu andalan di restoran restoran SeaFood.

Ciri ciri Ikan baronang

  • Ikan Baronang memiliki mulut yang kecil, 
  • gigi seri pada masing-masing rahang, 
  • gigi geraham berkembang sempurna, 
  • dinding lambung agak tebal, 
  • usus halus yang panjang dan permukaannya luas yang membuat ikan ini tergolong sebagai ikan herbivora. 
  • Ikan Baronang bereproduksi secara eksternal. Dalam hal ini, ikan jantan dan betina akan saling mendekat satu sama lain, kemudian si betina akan mengeluarkan telur. 
  • Selanjutnya, si jantan akan segera mengeluarkan spermanya, lalu sperma dan telur ini bercampur di dalam air. Ikan Baronang memiliki kelenjar racun pada sirip punggungnya. Meskipun racunnya tidak terlalu berakibat fatal, rasa sakit saat terkena duri ikan ini mampu mengganggu aktivitas tidur kita di malam hari.
Tetapi kalau dibudidayakan, ikan Baronang juga mampu memakan makanan apa saja yang diberikan seperti pakan buatan. 
Jenis Ikan Baronang

1. Baronang Siganus canaliculatus

Ikan baronang  Siganus canaliculatus mempunyai bentuk tubuh yang dapat mencapai 23 cm, lebar badannya anatara 2,4 - 2,7 kali dari panjang standar dengan badan yang berbentuk oval dan menyamping. 
Siganus canaliculatus
Siganus canaliculatus
Ciri Siganus canaliculatus mempunyai badannya berwarna kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik putih yang tersebear diseluruh tubuh.

2. Baronang Signus virgatus

Ikan baronang jenis Signus virgatus ini merupakan jenis yang dikenal sebagai ilayak tembaga atau baronang emas. 
Baronang Signus virgatus
Baronang Signus virgatus
Dimana Ikan Baronang ini Mempunyai Panjang tubuhnya dapat mencapat lebih dari 20 cm dengan bentuk badan oval dan menyamping dengan lebar bada 1,9 - 2,2  kali dari panjang standar. Tubhnya berwarna cokelat tua kekuning-kuningan atau keemasan.

3. Baronang Siganus guttatus

Baronang jenis Siganus guttatus ini mempunyai warna tubuh abu-abu kebiruan dan bagian bawahnya berwarna keperakan dengan beberapa bintik sebesar bola mata. DI bawah sirip punggung terdapat bercak bersar berwarna kuning. 
Siganus guttatus
Siganus guttatus

Bentuk tubuhnya baronang 
Siganus guttatus oval menyamping dengan lebar badan antara 1,8 - 2,3 kali panjang standar. 

Ciri Lain Ikan baronang siganus guttatus mempunyai 17 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keran dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur. Sirip ekornya berbentuk segi atau sabit pada ikan-ikan dewasa.

4.Jenis Baronang Siganus javus

Jenis ikan baronang Siganus javus ini mempunyai punggung berwarna perunggu gelap dan agak pucat dibagian perut, terdapat bintik-bintik biru dikepala dan sisi tubuh bagian atas. 
baronang Siganus javus
baronang Siganus javus

Bentuk badannya ikan baronang Siganus javus menyamping dengan lebar badan sekitar 2,0 - 2,3 kali panjang standar. 

Ciri lain Baronang Siganus javus ini memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur dan mempunyai 30 - 35 baris sisik antara gurat sisi dan pangkal sirip punggung.

5.Baronang Siganus vermiculatus

Jenis baronang Siganus vermiculatus ini yang biasa disebut ilayak tutam. Tubuhnya tertutup oleh garis berkelok seperti cacing. Sirip ekornya sedikit cekung dan duri terakhir pada sirip dubur sedikit memanjang. 
Siganus vermiculatus
Siganus vermiculatus

Lebar badannya mencapai 1,9 - 2,2 kali dari panjang standar. Siganus vermiculatus memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur.

Baca Juga ;



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel